Thursday 18 September 2014

PM dan PdM (Preventive Maintenance dan Predictive Maintenance)

Selamat malam bloggers, kali ini Maintenance Blog akan membahas tentang PM dan PdM, apa saja perbedaannya?

PM merupakan Preventif Maintenance, yaitu pemeriksaan equipment secara berkala untuk mencegah kerusakan yang berat. PdM merupakan Predictive Maintenance, yaitu pemeriksaan equipment untuk memprediksi kira kira berapa lama alat tersebut dapat bertahan dan perlu perbaikan.

PM mempunyai task schedule, yaitu pemeriksaaan alat alat dengan selang waktu tertentu secara rutin.
Jika jatuh tempo, maka suatu equipment harus diperiksa, dan dalam pemeriksaan tersebut harus dilakukan secara cepat, maksimal 1 hari (One day Project). Hal ini dikarenakan PM bertugas memeriksa alat-alat atau equipment yang sedang bekerja (online).
Jangka waktu pemeriksaan diperhitungkan berdasarkan daya tahan alat dan akan dilakukan secara berkala sesuai dengan jadwal. Dalam melaksanakan pemeriksaan, harus ada prosedur yang berisi check list hal hal apa saja yang harus diperiksa pada equipment tersebut.
Setelah melakukan pemeriksaan, PM memberikan rekomendasi perbaikan dan penggantian kepada bagian kalibrasi atau repair. Hal ini dilakukan jika ditemukan adanya kerusakan pada equipment sehingga perlu diperbaiki oleh bagian kalibrasi atau repair.
PM melaksanakan pemeriksaan bedasarkan jadwal yang diatur oleh Planning Maintenance, tujuannya adalah jangan sampai 2 alat yang sama fungsinya diperiksa secara bersama sama. Hal ini penting karena PM bertugas memeriksa equipment yang sedang dalam kondisi online.
Karena kilang harus berjalan terus menerus, maka harus ada 1 alat yang standby jika alat yang lain sedang diperiksa.
Dalam melakukan pemeriksaan minimal dilakukan oleh 2 orang, karena cakupannya alat kelistrikan yang tergolong berbahaya. Dalam melakukan tugasnya, PM juga dibantu oleh usulan konsultan dari berbagai institut (ITB, ITS).

Sekian postingan kali ini tentang PM dan PdM, jika ada pertanyaan atau berbagi pengalaman, silahkan ketik di kolom komentar, terima kasih :D

1 comment:

  1. The website is looking bit flashy and it catches the visitors eyes. Design is pretty simple and a good user friendly interface. big data analytics

    ReplyDelete